Afriansyah, Rizki and Khairinal, Khairinal and Dwijayanti, Novia Sri (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMK TARBIYATUSSA’ADATAINI KECAMATAN TEBO ILIR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
R.A Abstrak.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
R.A Bab I.pdf Download (526kB) |
![]() |
Text
R.A Bab V.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
R.A Cover.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
R.A Dapus.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RIZKI AFRIANSYAH YUDISIUM.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
IMG-20220622-WA0010.pdf Download (178kB) |
Abstract
Afriansyah, Rizki. 2021. Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial terhadap Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt, BA.,M.Si, (II) Novia Sri Dwijayanti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Efikasi Diri, Dukungan Sosial, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa dari 50 siswa kelas XII, sebesar 74% siswa tidak berminat untuk melanjutkan perguruan tinggi siswa ingin langsung bekerja setelah mereka lulus nanti dan dikarenakan mereka berpersepsi bahwa lulusan perguruan tinggi belum tentu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik karena menurut mereka tidak sedikit lulusan dari perguruan tinggi yang masih menganggur, sehingga mereka ingin langsung bekerja setelah lulus dari sekolah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (2) dukungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (3) efikasi diri dan dukungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa dari kelas XII SMK Tarbiyatussa’adataini yang kemudian dijadikan responden dalam penelitian ini. Pengujian analisis menggunakan uji prasyarat analisis, uji asumsi regresi dan uji hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh efikasi diri terhadap Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (2) terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (3) terdapat pengaruh signifikan terdapat pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial secara bersama-sama terhadap Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 88,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguran tinggi. Dari hasil simpulan disarankan agar lembaga sekolah dapat mengerti kemampuan siswa-siswanya dalam belajar dan pihak sekolah dapat menjadi jembatan agar siswa dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sesuai dengan potensi siswanya masing-masing.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | AFRIANSYAH |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 03:56 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 03:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |