PROBLEMATIKA KEPALA SEKOLAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 013/IV KOTA JAMBI

HB, FHITRIYANI. (2022) PROBLEMATIKA KEPALA SEKOLAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 013/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Daftar rujukan.pdf

Download (110kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (106kB)
[img] Text
skirpsi penelitian FHITRIYANI.HB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pada era pandemi Covid-19 ini pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti social distancing, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSSB). Kondisi pada era pandemi Covid-19 ini mengharuskan masyarakat untuk tetap berada dirumah, mulai dari beribadah, bekerja, maupun belajar dirumah. Akibat dari kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tersebut membuat sektor pendidikan seperti sekolah menghentikan proses pembelajaran secara tatap muka dan digantikan dengan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring yaitu belajar dari rumah masing-masing. Ketercapaian tujuan pendidikan ini sangat bergantung kepada kecakapan dan kebijakan kepemimpinan kepala sekolah, yang mana merupakan pemimpin pendidikan di sekolah. Kepala sekolah bertugas untuk mengatur semua sumber organisasi dan bekerjasama dengan guru-guru dalam mendidik peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui problematika yang ditemukan kepala sekolah serta untuk mengetahui bagaimana menghadapi problematika dalam proses pembelajaran era pandemi Covid-19 di SD Negeri 013/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas I,II,III,IV,V dan VI. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) problematika kepala sekolah pada era pendemi covid-19 adalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik dalam mempelajari pelajaran dalam pembelajaran daring, peserta didik yang tidak semua memiliki handphone, jarang mengikuti kelas zoom, jarang aktif digrup whatsapp, jarang mengumpulkan tugas, banyaknya tugas dari sekolah yang dikerjakan oleh wali muridnya bukan peserta didik. (2)kepala sekolah menghadapi problematika dalam proses pembelajaran adalah yang tidak memiliki handphone datang kesekolahan bersama orang tuanya, memberi tugas nantinya satu minggu kedepan baru dikumpulkan keguru kelasnya, mengenai siswa yang jarang masuk zoom, jarang aktif digrup, jarang menggumpulkan tugas akan dipanggil orang tuanya kesekolah jika di panggil kesekolahan tidak datang maka gurunya akan datang kerumah siswanya. Kepala sekolah sebagai pimimpin menghadapi permasalahan pada era pandemi covid-19 ini menerapkan sikap tegas dengan cara mendatangkan wali murid bagi peserta didik yang jarang aktif dan jarang mengumpulkan tugas.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: problematika kepala sekolah, pembelajaran pada era pandemi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: FHITRIYANI.HB
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:49
Last Modified: 22 Jun 2022 03:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35525

Actions (login required)

View Item View Item