Guntari, Yosa (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (418kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan secara blended learning. Bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran blended learning masih terbatas dan belum memenuhi kebutuhan peserta didik tersebut. Salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD). E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan Flip PDF Professional diharap dapat diakses dimana saja oleh peserta didik serta mampu membuat peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis, sehingga peserta didik dapat merancang hal yang serupa dengan bahan-bahan yang telah ditentukan dalam E-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan Flip PDF Professional pada materi usaha dan energi dan mengetahui bagaimana persepsi peserta didik kelas XI MIPA terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, wawancara dan angket. Uji coba produk dilakukan di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Kota Jambi dan kelas XI IPA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi sebesar 3,36 dengan kategori sangat baik, dan penilaian kelayakan oleh ahli media sebesar 3,65 dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian persepsi peserta didik terhadap E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan Flip PDF Professional pada materi usaha dan energi dengan memberikan angket respon untuk SMA Negeri 3 Kota Jambi adalah 3,7 dan SMA Negeri 11 Kota Jambi adalah 3,7 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan Flip PDF Professional pada materi usaha dan energi yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar. Adapun saran dari penelitian pengembangan ini yaitu perlu dilakukan evaluasi lapangan dan uji coba lapangan untuk mengetahui efektifitas produk yang dikembangkan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Project Based Learning (PjBL), Usaha dan Energi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | GUNTARI |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 06:54 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |