Putri, Bella Chantika (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS STEM MENGGUNAKAN FLIP HTML5 PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Pada saat ini proses pembelajaran dilaksanakan secara hybrid learning. Dalam pelaksanaannya, terdapat kendala yang dihadapi, yaitu guru sulit untuk menyampaikan pembelajaran serta siswa sulit untuk memahami materi pembelajaran karena bahan ajar yang digunakan belum optimal. Oleh karena itu dibutuhkan pegembangan bahan ajar yaitu e-modul. Pengembangan e-modul fisika berbasis STEM pada materi momentum dan impuls akan sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan secara hybrid learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk akhir e-modul fisika berbasis STEM pada materi momentum dan impuls di SMA dan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap e-modul fisika berbasis STEM pada materi momentum dan impuls di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media, serta angket persepsi siswa. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif diolah dari skor hasil validasi ahli media dan ahli materi, serta angket persepsi. Sedangkan analisis data kualitatif berdasarkan saran dan komentar dari validator. Penelitian ini menghasilkan e-modul fisika materi momentum dan impuls berbasis STEM. E-modul fisika momentum dan impuls berbasis STEM ini telah divalidasi oleh validator dengan rata-rata skor ahli materi sebesar 3,15 (baik) dan rata-rata skor ahli media sebesar 3,22 (baik). Selanjutnya hasil persepsi siswa terhadap e-modul fisika materi momentum dan impuls berbasis STEM memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,29 dan 3,52 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis STEM menggunakan flip html5 pada materi momentum dan impuls di SMA yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics), momentum dan impuls |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 06:55 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 06:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |