PENGEMBANGAN ASESMEN GURU BIOLOGI DALAM MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL

Suriyani, Meri and Hariyadi, Bambang and Yusnaidar, Yusnaidar (2022) PENGEMBANGAN ASESMEN GURU BIOLOGI DALAM MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (188kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (665kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (299kB)

Abstract

Suriyani, Meri. 2022. “Pengembangan Asesmen Guru Biologi dalam Merancang Perangkat Pembelajaran Berbasis Kompetensi Pedagogik dan Profesional”. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Ir. Bambang Hariyadi, M.Si, II. Dr. Yusnaidar, S.Si, M.Si Kompetensi guru Biologi dalam merancang proses pembelajaran merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar Biologi di sekolah. Guru Biologi wajib memenuhi standar kompetensi diantaranya adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Guru diharuskan menyiapkan perangkat pembelajaran yang akan disupervisi oleh kepala sekolah. Tetapi kerap kali kepala sekolah tidak menilai secara spesifik perangkat pembelajaran, termasuk pembelajaran biologi. Penilaian untuk guru biologi di sama ratakan dengan guru lain padahal dalam pembelajaran biologi terkadang terdapat praktikum. Hal tersebut tidak sama dengan mata pelajaran yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan instrumen asesmen guru biologi dalam merancang perangkat pembelajaran berbasis kompetensi pedagogik dan profesional dan persepsi kepala sekolah pada instrumen asesmen yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan instrumen dari model ADDIE, model ini terdapat lima tahap yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Produk instrumen sebelum diujicobakan terlebih dahulu divalidasi. Validasi produk oleh ahli materi mendapatkan skor 92% kategori “Sangat Sesuai”, sehingga instrumen asesmen dikatakan layak. Selanjutnya validasi produk oleh ahli desain mendapatkan skor 92% kategori “Sangat Sesuai”, kemudian praktikalitas instrumen dihasilkan sebesar 92% kategori “Sangat Praktis”. Intrumen asesmen ini diuji coba satu-satu oleh peneliti pada tiga kepala sekolah di Kabupaten Tebo yaitu SMA Negeri 3, SMA Negeri 10 dan MAN 2. Tahap uji coba lapangan diperoleh efektivitas sebesar 92% dengan kategori “Sangat Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa instrumen asesmen yang dikembangkan dapat digunakan oleh kepala sekolah terhadap guru biologi dalam merancang perangkat pembelajaran berbasis kompetensi pedagogik dan profesional.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Instrumen asesmen, perangkat mengajar, kompetensi pedagogik dan profesional, guru Biologi SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: SURIYANI
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:11
Last Modified: 23 Jun 2022 03:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35594

Actions (login required)

View Item View Item