Simarmata, Gomgom (2022) Strategi Pembelajaran Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Kreatifitas dan Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNJA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB V Simpulan dan Saran.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
DAFTAR Pustaka.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full New.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci : strategi pembelajaran ekonomi, kreatifitas,wirausaha Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar strategi pembelajaran ekonomi dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi. Penelitian dilakukan di FKIP Universitas Jambi dengan populasinya adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 dan subjek penelitiannya berjumlah 5 orang mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif karena peneliti akan menjabarkan tentang strategi pembelajaran ekonomi dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan minat berwirausaha mahasiswa. Teknik Pengumpulan Data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran dalam rangka meningkatkan kreatifitas akan dipengaruhi oleh penerapan strategi yang digunakan dalam proses perkuliahan. Semakin menariknya strategi yang digunakan maka akan terciptanya suasana belajar yang kondusif yang akan memunculkan pemikiran pemikiran baru dalam ruang perkuliahan tersebut. Hal ini ditandai dan dibuktikan dengan terciptanya ide dan wawasan baru dalam suatu perkuliahan. (2) Strategi pembelajaran dalam rangka meningkatkan minat berwirausaha dapat ditemukan dari pengaruh yang timbul dari Strategi Pembelajaran yang diterapkan. Pada mata kuliah kewirausahaan, strategi pembelajaran yang banyak digunakan oleh dosen berupa pembelajaran berbasis projek pada hakikatnya harus melibatkan mahasiswa untuk menciptakan suatu produk akan tetapi tidak semua mahasiswa akan terlibat didalamnya. Hal ini dibuktikan dari adanya mahasiswa hanya berpartisipasi secara materil dan tidak berperan dalam pembuatan konsep dan ide akan suatu produk baru terebut. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk Dosen Pendidikan Ekonomi untuk lebih melibatkan mahasiswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Disarankan juga untuk peneliti selanjutnya, semoga penelitian ini bisa dijadikan referensi, acuan, dan perbandingan jika ingin melaksanakan kegiatan penelitian yang pada pokok permasalahan yang sama.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran ekonomi, kreatifitas,wirausaha |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | P.SIMARMATA |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 02:59 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 02:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |