PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID BERILUSTRASI KOMIK BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP

Manik, Ruth Clara (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID BERILUSTRASI KOMIK BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text
cover (2).pdf

Download (10kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sangatlah penting terutama dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran digunakan untuk membantu dan mendukung siswa dalam menumbuhkan motivasi saat belajar. namun pada kondisi nyata penggunaan media pembelajaran masih sedikit diterapkan dalam proses belajar dan kurang bervariasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Mobile Learning berbasis android berilustrasi komik budaya Jambi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi segiempat dan segitiga kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Meliputi tahapan analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah Dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, salah satu guru matematika kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi, serta peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu media pembelajaran berupa berupa Mobile Learning berbasis android berilustrasi komik budaya Jambi. Media ini dapat dijalankan melalui android dan fokus media ini terletak pada materi segiempat dan segitiga kelas VII SMP yang disajikan dalam bentuk komik budaya Jambi. Pada mobile learning ini juga terdapat soal soal latihan dan evaluasi yang kontekstual serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sudah mengalami beberapa kali revisi sehingga menghasilkan produk yang valid, praktis, dan efektif. Persentase kevalidan materi dari ahli materi 80% (valid), dan dari ahli desain 84% (valid), untuk kepraktisan oleh pendidik 96,6% (sangat praktis) dan oleh peserta didik 93,6% (sangat praktis). Keefektifan media untuk meningkatkan motivasi belajar dilihat dari hasil angket motivasi siswa yaitu 83,71% (sangat tinggi) dan tes hasil belajar siswa 71,42% dengan kategori efektif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mobile Learning, Android, Komik Budaya Jambi, Motivasi Belajar, Segiempat dan Segitiga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: manik
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:56
Last Modified: 23 Jun 2022 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35607

Actions (login required)

View Item View Item