Penerapan Asesmen Autentik Dalam Menulis Teks Anekdot di Kelas X SMA Negeri 12 Kota Jambi

Ayuni, Farah and Purba, Andiopenta and Akhyaruddin, Akhyaruddin (2022) Penerapan Asesmen Autentik Dalam Menulis Teks Anekdot di Kelas X SMA Negeri 12 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi full ayuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)

Abstract

Asesmen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan, kegiatan pembelajaran dirancang untuk memenuhi tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Kegiatan asesmen dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi dasar dan juga dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Asesmen autentik yaitu bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk menunjukkan kinerja dalam konteks dunia nyata yang menunjukkan aplikasi bermakna dari penerapan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Kurikulum 2013 dalam penerapannya di sekolah menuntut guru lebih kreatif dalam proses pembelajarannya serta melakukan asesmen yang secara luas dan lengkap agar tercapainya tujuan pembelajaran oleh peserta didik, tetapi pada kenyataan guru juga menghadapi beberapa kendala dalam melakukan penilaian kemampuan peserta didik. Dengan adanya kendala ini maka guru seharusnya dapat menganalisis serta melakukan evaluasi terhadap kesulitan yang didapatkan dalam proses penerapan asesmen autentik di dalam proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam pembahasan artikel ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini diharapkan, tidak hanya dapat mengetahui penerapan assement autentik pada guru namun dapat membantu guru dalam mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada saat guru menerapakan assement ini.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: AYUNI
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:50
Last Modified: 23 Jun 2022 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35610

Actions (login required)

View Item View Item