Wulandari, Fara (2022) Pengaruh Perundungan terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMP N 17 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL FARA WULANDARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (110kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi :Pengaruh Perundungan Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMP N 17 Kota Jambi Nama : Fara Wulandari NIM :A1E116050 Dosen Pembimbing I : Drs.Rasimin, M.Pd Dosen Pembimbing II : Affan Yusra, S.Pd, M.Pd Perundungan merupakan salah satu faktor dalam keaktifan belajar siswa di sekolah, karena perundungan dapat mengakibatkan kepercayaan diri seseorangan menjadi menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan perundungan di SMPN 17 Kota Jambi, untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan keaktifan belajar di SMPN 17 Kota Jambi dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Perundungan terhadap keaktifan belajar siswa di SMP N 17 kota Jambi. Sejiwa mengatakan bahwa dampak perundungan bagi siswa pada umumnya siswa yang awalnya merupakan siswa yang aktif lalu ketika menjadi korban perundungan dia cenderung menjadi siswa yang pasif (Haslan, Dahlan & Yuliati, 2020: 163 ) Perundungan yang dalam penelitian ini adalah perundungan non fisik yang mencakup perundungan verbal (menggoda, memberikan nama panggilan, mengejek, fitnah memaki dan menghina) dan perundungan non verbal (ekspresi wajah kasar, pandangan agresif, mengancam dan mengucilkan). Keaktifan belajar yang dimaksud adalah siswa aktif di dalam kelas dari segi bertanya atau pun menjawab pertanyaan dari guru teman serta dapat memecahkan masalah pada saat belajar Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP N 17 kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Jumlah sampel sebanyak 56 responden. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan model skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode expost fakto. Kemudian penelitian ini mengolah data dengan menggunakan rumus persentase formula C dan teknik analisis data menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa perundungan di SMP N 17 kota Jambi dapat dikategorikan sedang dengan jumlah persentase sebesar 55%, dan keaktifan belajar di SMP N 17 kota Jambi juga dapat dikategorikan sedang dengan jumlah persentase sebesar 57,89%. Nilai yang didapatkan dari uji hipotesis berdasarkan nilai t, nilai t hitung sebesar 10,842 > t tabel 1,673 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel perundungan (X) berpengaruh terhadap variabel Keaktifan Belajar(Y), dan untuk hasil R square pada dua variabel ini sebesar 0,685 yang dipresentasikan menjadi 68,5% yang dimaknai kuat. Hendaknya guru bk dapat melakukan kegiatan layanan yang dapat meningkatkan keaktifan siswa didalam kelas. Kata kunci : Perundungan,keaktifan belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Wulandari |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 02:39 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 02:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |