Dwi Cahyani, Gita (2022) PROBLEMATIKA KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI SDN 166/X PANDAN JAYA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (957kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (413kB) |
Abstract
ABSTRAK Cahyani, Gita Dwi. 2022. Problematika Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di SDN 166/X Pandan Jaya Kabupaten Tanjung Jabung Timur: Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs Firman, M.Si. Pembimbing (II) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I, M.Pd.I. Kata Kunci : Problematika Kepala Sekolah, Pelaksanaan Supervisi Akademik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Problematika Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di SDN 166/X Pandan Jaya Kabupaten Tanjung Jabung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 166/X Pandan Jaya Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan seluruh guru kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kepala sekolah terlibat langsung dalam mensupervisi guru-guru di setiap kelas, pelaksanaan supervisi akademik di SDN 166/X Pandan Jaya rata-rata mendapat supervisi satu sampai dua kali dalam satu semesternya. Kepala sekolah juga sudah melakukan tindak lanjut supervisi akademik dengan cukup baik dengan memberikan motivasi dan memberikan pembinaan kepada guru-guru yang membutuhkan. (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik masih ada beberapa guru yang sering terlupa untuk menyesuaikan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) ketika mengajar di kelas dan masih ada beberapa guru yang tidak membuat media pembelajaran ketika masuk ke kelas. (3) Proses tindak lanjut hasil supervisi akademik guru dilaksanakan secara bertahap, namun belum dapat dipastikan dalam satu semester tersebut dapat terlealisir dengan sempurna namun guru tetap berusaha semaksimal mungkin sehingga dapat memberikan umpan balik yang cukup baik terhadap hasil supervisi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa problematika kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik di SDN 166/X Pandan Jaya sudah cukup baik, namun tindak lanjut hasil supervisi belum optimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika Kepala Sekolah, Pelaksanaan Supervisi Akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | CAHYANI |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 03:10 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 03:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |