Mengonstruksi Rancangan Pembelajaran Teks Faktual dengan Model Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi

Diva, Gadis Aura and Larlen, Larlen and Harahap, Eddy Pahar (2022) Mengonstruksi Rancangan Pembelajaran Teks Faktual dengan Model Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan pengesahann.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman guru dalam mengonstruksi atau membuat susunan pada materi tentang teks faktual dengan menggunakan model problem based learning yang dimulai dari mengenal kurikulum sampai dengan membuat penilaian. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi, semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu guu mata pelajaran bahasa Indonesia. Data penelitian berupa rancangan pembelajaran teks faktual dengan model problem based learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman guru dalam membuat rancangan pembelajaran sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya RPP terkait pembelajaran teks faktual pada materi teks eksposisi dan teks eksplanasi yang sudah sesuai dengan Permendikbud nomor 22 tahun 2016. Sintak pada model problem based learning juga telah digunakan semua oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung, dimulai dari orientasi peserta didik pada masalah, sintak mengorganisasikan peserta didik, sintak membimbing penyelidikan individu dan kelompok, sintak mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan sintak menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa RPP yang dibuat oleh guru sudah sesuai dengan komponen-komponen RPP yang ada pada Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Guru bahasa Indonesia yang menjadi subjek dalam penelitian juga telah membuat rancangan pembelajaran teks faktual dengan menggunakan model problem based learning.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: DIVA
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:59
Last Modified: 23 Jun 2022 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35626

Actions (login required)

View Item View Item