Kurniawan, Dwi Agus and Astalini, Astalini and Pratiwi, Nurul Eka and Maison, Maison IMPLIKASI SOSIAL, PENYELIDIKAN ILMIAH, DAN KESENANGAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Jurnal Pendidikan Indonesia. ISSN 0215-9643 (Submitted)
Text
IMPLIKASI SOSIAL, PENYELIDIKAN ILMIAH, DAN KESENANGAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA.docx Download (753kB) |
Abstract
Implikasi Sosial, Penyelidikan Ilmiah, dan Kesenangan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan mengetahui sikap dan faktor yang mempengaruhi sikap siswa pada mata pelajaran fisika yang diwakili tiga indikator sikap dari TOSRA. Penelitian dilakukan pada 91 siswa yang mempelajari Fisika di SMA Negeri 11 Muaro Jambi dengan menggunakan pendekatan mixed desain sequential explanatory. Data dikumpulkan secara kuantitatif menggunakan kuisioner sikap tertutup dan secara kualitatif menggunakan wawancara semi terstuktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dominan bersikap baik pada setiap indikator yang mewakili; implikasi sosial dari fisika dengan 67% (69 dari 91) siswa dengan faktor yang mempengaruhinya adalah kesadaran siswa akan manfaat Fisika di dalam kehidupan; sikap terhadap penyelidikan dalam fisika dengan 56% (51 dari 91) siswa dengan faktor yang mempengaruhi adalah rasa ingin tahu dan kepuasan belajar; dan kesenangan dalam belajar fisika dengan 42% (38 dari 91) siswa dengan faktor yang mempengaruhi adalah kesesuaian cara belajar dan kemampuan matematis.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | NURUL EKA PRATIWI |
Date Deposited: | 09 Mar 2018 02:06 |
Last Modified: | 09 Mar 2018 02:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3564 |
Actions (login required)
View Item |