Pengembangan Media Pembelajaran Daring Menggunakan Articulate Storyline Untuk Mengkonstruksi Konsep Jumlah dan Selisih Dua Sudut Trigonometri di SMA Negeri 2 Kota Jambi

Khatib, M. Faisal (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Daring Menggunakan Articulate Storyline Untuk Mengkonstruksi Konsep Jumlah dan Selisih Dua Sudut Trigonometri di SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FIX SIAP UNTUK DIBERIKAN KE UNJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan Scan.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran daring menggunakan articulate storyline untuk mengkonstruksi konsep jumlah dan selisih dua sudut trigonometri di SMA Negeri 2 Kota Jambi dan mendeskripsikan kualitas dari media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim validator, guru matematika peminatan kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi, serta siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi. Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu media pembelajaran daring yang bisa membantu siswa mengkonstruksi konsep pada materi matematika. Media pembelajaran ini berfokus pada materi matematika peminatan kelas XI SMA, yaitu jumlah dan selisih dua sudut trigonometri yang disajikan dengan pertanyaan-pertanyaan penuntun untuk menemukan konsep dari materi tersebut. Media pembelajaran ini juga disajikan contoh soal dan latihan soal untuk membantu siswa memahami materi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi hingga menghasilkan media pembelajaran yang diharapkan dan bermanfaat. Dengan tingkat kualitas media pembelajaran berdasarkan 3 kriteria, yaitu valid, praktis, dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) media pembelajaran dikatakan valid dari segi materi oleh dua validator materi karen telah diperbaiki sesuai saran dan komentar dari validator, 2) presentase kepraktisan media pembelajaran oleh guru 92,5% dan oleh siswa 92%, 3) presentase keefektifan media pembelajaran dari angket respon siswa dan dari hasil tes konstruksi konsep yang mengalami kenaikan konstruksi konsep.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Konsep, Media Pembelajaran Daring, Articulate Storyline
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khatib
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:21
Last Modified: 27 Jun 2022 02:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35669

Actions (login required)

View Item View Item