ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

Safitri, Rina (2018) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. Jurnal Kimia.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.docx

Download (1MB)
[img]
Preview
Image
image1.png

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image2.jpeg

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image3.png

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa mendapatkan konsep nyata dari materi laju reaksi dikarenakan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak termotivasi untuk berpikir, mengerjakan, dan menyelesaikan permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) serta pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi laju reaksi di kelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Deskriptif Korelasional dengan menggunakan metode Mix Methode (Metode Kombinasi). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru dan siswa serta kemampuan literasi sains siswa dan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji korelasi product moment. yang selanjutnya dilihat signifikasi pengaruhnya dengan uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh persentase keterlakasanaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) oleh guru sebesar 70,00% (baik) dan siswa sebesar 65,60% (baik). Persentase kemampuan literasi sains siswa sebesar 60,47% (cukup baik) dan tes hasil belajar siswa sebesar 73,13% (baik). Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan kemampuan literasi sains siswa diperoleh rxy= 0,483 dengan tingkat hubungan pada kategori sedang dan uji t sebesar 3,58, sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RINA SAFITRI
Date Deposited: 09 Mar 2018 02:06
Last Modified: 09 Mar 2018 02:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3571

Actions (login required)

View Item View Item