Marlianda, Rendi (2022) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Pada Siswa SMA Kelas X. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.docx Download (67kB) |
![]() |
Image
LEMBAR PERSETUJUAN.jpg Download (1MB) |
![]() |
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan siswa dalam membaca puisi, (2) apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (3) apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (4) Apakah terdapat pengaruh tingkat motivasi belajar siswa terhadap kemampuan membaca puisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Desain penelitian ini pretest posttest control group only design. Rancangan penelitian menggunakan factor 2x2. Metode penelitian ini yaitu quasi eksperiment atau eksprimen semu. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes motivasi yang berupa angket kuesioner dan nilai kemampuan membaca puisi siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca puisi siswa dengan hasil uji hipotesis nilai t hitung = 3,156 > t tabel = 1,710 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. (2) Uji hipotesis 2 menunjukan penggunaan media audio visual terhadap siswa bermotivasi tinggi bepengaruh signifikan hal ini di tunjukan dengan nilai thitung = 3,676 > ttabel = 1,782. (3) uji hipotesis 3 menunjukan pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap siswa bermotivasi rendah ditunjukan dengan nilai thitung = 2,572 > ttabel 1,782. (4) Uji hipotesis 4 menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca puisi dengan diperoleh nilai t hitung = 2,399 > t tabel 1,710. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media audio visual memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan membaca puisi siswa sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kelas.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Kemampuan Membaca Puisi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Marlianda |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:46 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |