KONSTRUKSI PERANGKAT ASSESSMENT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS BERBASIS MODELLING UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Lara, Andrea Eka KONSTRUKSI PERANGKAT ASSESSMENT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS BERBASIS MODELLING UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Perangkat Assessment, Pembelajaran Luar Kelas, Modelling. (Unpublished)

[img] Text
artikel ilmiah.pdf

Download (914kB)

Abstract

Pembelajaran luar kelas mengakrabkan siswa dengan lingkungan dan kegiatan siswa pasti berhubungan dengan persoalan dalam kehidupan nyata atau berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan konsep penerapan pemodelan (modelling) matematika, dimana dalam pemodelan matematika dilakukan penyederhanaan masalah matematika dalam bentuk uraian atau contoh kegiatan yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk pelaksanaan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas, kegiatan assessment harus dilakukan sepanjang proses pengajaran. Tetapi, saat ini guru belum terbiasa untuk membuat assessment pembelajaran luar kelas berbasis modelling, dikarenakan hal ini berbeda dengan assessment yang sering dibuat dan digunakan guru dalam pembelajaran yaitu penilaian berupa tes tertulis yang hanya mengukur ranah pengetahuan saja. Sedangkan assessment yang baik dilakukan untuk menilai semua aspek siswa yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Berdasarkan kenyataan tersebut, dibutuhkan suatu perangkat assessment yaitu assessment pembelajaran matematika di luar kelas berbasis modelling. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat assessment; melihat kevalidan dan kepraktisan perangkat assessment pembelajaran matematika di luar kelas berbasis modelling materi sistem persamaan linear dua variabel untuk kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen yang digunakan meliputi: lembar validasi ahli dan angket respon guru dan siswa. Perangkat assessment yang dihasilkan yaitu lembar penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang memuat kisi-kisi, instrumen dan rubrik penilaian. Dan juga memenuhi karakteristik pembelajaran luar kelas berbasis modelling matematika. Hasil validasi dari ahli diperoleh instrumen yang dibuat sudah memenuhi aspek kevalidan sehingga layak digunakan dengan revisi sesuai saran, maka perangkat assessment ini sudah teruji kevalidan dari segi isi, konstruk dan bahasa. Dan hasil respon guru dan siswa diperoleh bahwa perangkat assessment direspon baik dan terdapat sedikit revisi, sehingga revisi perlu dilakukan untuk menyempurnakan perangkat assessment dan memperoleh kesimpulan bahwa perangkat tersebut praktis. Dengan demikian didapatkan produk akhir perangkat assessment pembelajaran matematika di luar kelas berbasis modelling untuk siswa kelas VIII SMP yang teruji kevalidan dan kepraktisannya khususnya untuk pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel. Kata Kunci : Perangkat Assessment, Pembelajaran Luar Kelas, Modelling

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ANDREA EKA LARA
Date Deposited: 09 Mar 2018 03:04
Last Modified: 09 Mar 2018 03:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3575

Actions (login required)

View Item View Item