PITRI, ARNIA (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 TEBO PADA MATA PELAJARAN PPKN TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
Skripsi Arnia.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
COVER .pdf Download (193kB) |
|
Text
Pengesahan.pdf Download (486kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (348kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (299kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (295kB) |
Abstract
Pitri, Arnia : 2022. Pengaruh Penerapan Model Berbasis Project Citizen terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 16 Tebo pada Mata Pelajaran PPKn. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Sosial. Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si, (II) Heri Usmanto S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Project Citizen, Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn yang hanya mencapai persentase 33% “kurang kritis”. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang diberikan guru masih menggunakan model ceramah dan tanya jawab. Sehingga menyebabkan banyak siswa yang kesulitan dalam mengidentifikasi soal, menganalisis informasi yang akurat, menyampaikan argument sacara logis serta kesulitan dalam menyimpulkan sebuah keputusan dalam setiap pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis project citizen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn VIII SMP Negeri 16 Tebo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperiment design. Rancangan penelitian yang digunakan Pretest-Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Tebo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dengan jumlah 90 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara random, dengan sampel yang terpilih kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran berbasis project citizen ini menuntut siswa secara mandiri untuk mengidentifikasi masalah dan mengumpulkan informasi berupa data dan fakta dalam sebuah penyelesaian suatu masalah pada materi yang dikaji, sehingga proses pembelajaranya dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan, pada hasil penelitian ini diperoleh, rata-rata kelas eksperimen adalah 68,00 dengan kategori “kritis” sebesar 69% dan rata-rata kelas kontrol adalah 50,00 dengan kategori “cukup kritis” 50%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel (6.256 > 2.001) dengan taraf 5% yang artinya model project citizen memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan diperoleh nilai sign (2-tailed) pada kemampuan berpikir kritis siswa adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh penerapan model project citizen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Citizen, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | PITRI |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:43 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35759 |
Actions (login required)
View Item |