PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI PADA FASE REVIEW KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SENTRA BALOK DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI

PUTRI RIZKIA, WINDIA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI PADA FASE REVIEW KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SENTRA BALOK DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI PADA FASE REVIEW KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SENTRA BALOK DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH WPR.pdf

Download (279kB)

Abstract

ABSTRAK Rizkia Windia Putri 2017 Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Pada Fase Review Kegiatan Pembelajaran Pada Sentra Balok di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Emosda, M.Pd. kons dan Pembimbing II Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, Fase Review Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi dengan variabel penelitian adalah perkembangan kognitif anak usia dini. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Pada Fase Review Kegiatan Pembelajaran di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Pada Fase Review Kegiatan Pembelajaran di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Manfaat dari penelitian ini terdiri dari manfaat teoritis dan manfaat praktis untuk peneliti, guru dan orang tua. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 17 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dan seluruh anggota populasi dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 17 responden. Tehnik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rataan bobot dari hasil observasi sebesar 53,41%. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak usia dini fase review pada kegiatan pembelajaran pada sentra balok di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi berada pada kategori “Berkembang Sesuai Harapan” tetapi belum optimal. Hal ini dikarenakan anak-anak yang memiliki perkembangan kognitif dalam fase review kegiatan pembelajaran jumlahnya masih sedikit. Berdasarkan hasil penelitian,maka dapat disimpulkan bahwa Perkembangan kognitif anak usia dini pada fase review kegiatan pembelajaran di TK Negeri Pembina II Kota Jambi berada pada kategori “Berkembang Sesuai Harapan” tetapi belum optimal. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata bobot pada observasi hanya sebesar 53,41%, serta diperkuat dengan hasil wawancara dengan guru Kelas di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: WINDIA PUTRI RIZKIA
Date Deposited: 09 Mar 2018 09:52
Last Modified: 09 Mar 2018 09:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3578

Actions (login required)

View Item View Item