Antiko, Tegar Ayu (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 16 Merangin. S1 thesis, Pendidikan PPKn.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER 1.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan berupa rendahnya kerjasama siswa dalam pembelajaran PPKn yang berlangsung. Selain itu guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah yang cenderung membuat interaksi siswa menjadi terbatas dan tidak berkembang, akibatnya kerjasama siswa dalam pembelajaran belum begitu tampak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran PPKn dengan menerapkan model pembelajaran teams games tournament di kelas VIII SMP Negeri 16 Merangin. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Merangin yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian yaitu adanya peningkatan kemampuan kerjasama siswa dengan mencapai rata-rata jumlah siswa sebanyak 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama siswa meningkat dari kondisi awal yang hanya mencapai rata-rata jumlah siswa sebanyak 8 orang menjadi 9 orang pada siklus I, namun belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Siklus I kemudian dilakukan perbaikan untuk dilanjutkan pada siklus II. Setelah dilakukan perbaikan terjadi peningkatan pada siklus II yang meningkat menjadi 11 orang, namun juga belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Perbaikan kembali dilakukan pada siklus II untuk dilanjutkan pada siklus III. Hasil penelitian siklus III meningkat menjadi 13 orang, yang artinya tindakan dinyatakan berhasil karena telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament di Kelas VIII SMP Negeri 16 Merangin dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran PPKn setelah diterapkan sebanyak 3 siklus dengan melakukan perbaikan pada setiap siklusnya. This research was motivated by the problems found in the form of low student cooperation in the ongoing Civics learning. In addition, teachers still use conventional learning methods, namely lectures which tend to make student interaction limited and undeveloped, as a result, student cooperation in learning has not been so visible. The purpose of this study was to increase student collaboration in Civics learning by applying the teams games tournament learning model in class VIII of SMP Negeri 16 Merangin. This type of research is Classroom Action Research (CAR) with a research design using the Kemmis & Taggart spiral model. The research was carried out in 3 cycles where each cycle consisted of 3 meetings. Each cycle is carried out through 4 stages of activities, namely planning, implementing actions, observing/observing, and reflecting. The subjects of this study were students of class VIII SMP Negeri 16 Merangin, totaling 20 students. Data collection techniques in this study were in the form of observation and documentation. The criteria for success set out in the study were reaching an average of 12 students. The results showed that the students' cooperation ability increased from the initial condition which only reached the average number of students as many as 8 people to 9 people in the first cycle, but had not yet reached the success criteria set. The first cycle was then repaired to be continued in the second cycle. After the repairs were made, there was an increase in cycle II which increased to 11 people, but also had not reached the success criteria set. Repairs were made again in cycle II to be continued in cycle III. The results of the third cycle research increased to 13 people, which means that the action was declared successful because it had reached the success criteria set. The conclusion of this study is that the application of the Teams Games Tournament Cooperative Learning Model in Class VIII of SMP Negeri 16 Merangin can improve students' cooperative abilities in Civics learning after being applied for 3 cycles by making improvements in each cycle.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Antiko |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 06:48 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 06:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |