MANAJEMEN PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT DI KOPERASI UNIT DESA (KUD) HITAM JAYA DESA BUNGO ANTOI KECAMATAN TABIR SELATAN KABUPATEN MERANGIN JAMBI

Richad Kennedi, Jhon (2022) MANAJEMEN PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT DI KOPERASI UNIT DESA (KUD) HITAM JAYA DESA BUNGO ANTOI KECAMATAN TABIR SELATAN KABUPATEN MERANGIN JAMBI. D3 thesis, Agrobisnis.

[img] Text
KI LAPORAN KI MANAJEMEN PEMASARAN TBS JHON BENAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text
Cover KI Jhon.pdf

Download (188kB)
[img] Text
2 Lembar Pengesahan KI Jhon.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Abstrak Jhon.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Bab 1 Jhon.pdf

Download (806kB)
[img] Text
Bab 5 Jhon.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Jhon.pdf

Download (147kB)

Abstract

Manajemen Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Di Koperasi KUD Hitam Jaya Desa Bungo Antoi Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin,Karya ILmiah ini disusun oleh Jhon Richad Kennedi Program Studi Diploma III Agrobisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi. Pembimbing : Riri Oktari Ulma, S.P, M.Si. Praktik Kerja Lapang ini bertujuan untuk mempelajari tentang pemasaran bagaimana proses manajemen pemasaran TBS dari petani menjual ke Koperasi,dari koperasi menjual ke PT yang menjadi langganan Koperasi Unit Desa,dan setelah memasarkan ke pabrik diserahkan ke koperasi tahap akhir koperasi menyerahkan hasil pemasaran TBS ke anggota yang tergabung di dalam Koperasi Unit Desa Hitam Jaya.Metode Praktik Kerja Lapang yaitu dengan cara melakukan pengamatan langsung kelapangan, lanjut wawancara dengan petani sekitar bagaimana cara memasarkan TBS,dan wawancara kepada staf yang berada di dalam Koperasi Unit Desa Hitam Jaya, mengikuti keseluruhan yang berubungan dengan pemasaran TBS (Tandan Buah Segar),mengikuti manajemen apakah sesuai dengan SOP perusahaan serta, sumber data yang di kumpulkan berupa data primer dan data sekunder Adapun semua kegiatan Pemasaran Tandan Buah Segar yaitu dimulai dengan petani yang panen,selanjutnya petani yang tergabung di Koperasi Unit Desa menjual TBS ke KUD,lanjut KUD menjual ke pabrik,ada 3 pabrik yang menjadi langganan Koperasi Unit Desa Hitam Jaya,antara lain PT.SGN, PT.SGP, dan PT.SGM,Tahap terakhir hasil pemasaran TBS diserahkan kepada Koperasi dan Koperasi menyerahkan hasil kepada para petani yang tergabung di Koperasi Unit Desa Hitam Jaya. Dalam membuat laporan karya tulis ilmiah ini, penulis menggunakan metode gabungan antara kuantitaf dan kualitatif. Metode kualitatif sendiri merupakan pemahaman dalam mendalami bagaimana teori yang terdapat di lapangan, selanjutnya mengembangkan teori, bagaimana cara penulis mengembangkan teori tersebut menjadi lebih baik, serta mendeskripsikan realitas serta komplesitas sosial. Sedangkan metode kuantitatf sendiri merupakan hubungan antara variable ataupun menguji teori serta membuat generalisasi fenomena sosial yang akan diteliti di dlam satu koperasi.

Type: Thesis (D3)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agrobisnis
Depositing User: KENNEDI
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:23
Last Modified: 28 Jun 2022 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35808

Actions (login required)

View Item View Item