Putri, Devina Aisyah (2022) ANALISIS KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TINGKAT SMP NEGERI DI KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. S1 thesis, Administrasi Pendidikan.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Devina Aisyah Putri (A1D518058).pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan pelaksanaan serta dampak dari penerapan kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) Negeri, tepatnya di SMP Negeri 7 Kota Jambi, SMP Negeri 17 Kota Jambi, dan SMP Negeri 19 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian case study. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kota Jambi, SMP Negeri 17 Kota Jambi, dan SMP Negeri 19 Kota Jambi. Dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum/Humas yang merupakan ketua pelaksana PPDB, Guru Wali Kelas VII, Wali Murid Kelas VII, dan Siswa Kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dilanjutkan dengan mereduksi data, menyajikan data, verifikasi data untuk dapat diambil kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Pelaksanaan PPDB sistem zonasi pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi tepatnya di SMP Negeri 7 Kota Jambi, SMP Negeri 17 Kota Jambi, dan SMP Negeri 19 Kota Jambi telah terlaksana dengan baik sesuai Permendikbud No. 14 Tahun 2018 dan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Jambi; (2) Dampak positif dari penerapan PPDB sistem zonasi di SMP Negeri 7 Kota Jambi, SMP Negeri 17 Kota Jambi, dan SMP Negeri 19 Kota Jambi diantaranya adalah calon peserta didik baru memperoleh akses pendidikan dan terjadinya pemerataan pendidikan. Dengan adanya sistem zonasi mempermudah masyarakat sekitar lingkungan sekolah untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah yang dekat dengan rumah sehingga dapat memangkas biaya transportasi siswa. Sedangkan dampak negatif antara lain calon peserta didik baru tidak bisa memilih sekolah yang sesuai harapan mereka, dianggap menghalangi anak yang berprestasi untuk mendaftar di sekolah favorit di luar zona domisilinya. Konsep sekolah favorit dan non favorit tidak hilang dari pandangan masyarakat, serta dinilai menjadi penyebab menurunnya prestasi sekolah. Kata Kunci: Kebijakan, Sistem Zonasi, Penerimaan Peserta Didik Baru
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan, Sistem Zonasi, Penerimaan Peserta Didik Baru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 06:36 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |