PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR

Sari, Desy (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (195kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
SKRIPSI DESY RAHMA SARI A1D118134 LENGKAP-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Desy Rahma. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 5 di Sekolah Dasar”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. rer. nat. Asrial,. M.Si. (2) Alirmansyah,. S.Pd,. M.Pd. Kata Kunci : Flipped Classroom, Hasil Belajar, Matematika Telah dilakukan penelitian tentang siswa yang masih kesulitan dalam memahami konsep matematika terutama pada mata pelajaran matematika Kelas 5 materi Bangun Ruang Kubus dan Balok. Kurangnya pemahaman siswa berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penyebab hasil belajar rendah pada materi tersebut kurang optimal karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang dalam melibatkan siswa secara aktif pada proses pembelajaran. Peneliti berkeinginan untuk mengadakan penelitian guna meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model Flipped Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5 di Sekolah Dasar. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desaian penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Tes terdiri dari 8 soal uraian dengan teknik pengolahan data uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Program SPSS 20 For Windows. Uji hipotesis digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perlakuan terhadap kelas eksperimen menggunakan uji-t pada Paired Sample T-Test. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sebelum perlakuan yaitu hanya 4,8 % yang tuntas dan tidak tuntas 95,3 %, sedangkan setelah diberi perlakuan dengan jumlah presentase yaitu 85,8 % dan 14,3 % yang tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom dengan bantuan aplikasi WhatsApp dan Youtube yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Kampung Batas.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Flipped Classroom, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SARI
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:59
Last Modified: 28 Jun 2022 02:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35832

Actions (login required)

View Item View Item