Sari, Desy (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI DESY RAHMA SARI A1D118134 LENGKAP-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Desy Rahma. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 5 di Sekolah Dasar”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. rer. nat. Asrial,. M.Si. (2) Alirmansyah,. S.Pd,. M.Pd. Kata Kunci : Flipped Classroom, Hasil Belajar, Matematika Telah dilakukan penelitian tentang siswa yang masih kesulitan dalam memahami konsep matematika terutama pada mata pelajaran matematika Kelas 5 materi Bangun Ruang Kubus dan Balok. Kurangnya pemahaman siswa berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penyebab hasil belajar rendah pada materi tersebut kurang optimal karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang dalam melibatkan siswa secara aktif pada proses pembelajaran. Peneliti berkeinginan untuk mengadakan penelitian guna meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model Flipped Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5 di Sekolah Dasar. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desaian penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Tes terdiri dari 8 soal uraian dengan teknik pengolahan data uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Program SPSS 20 For Windows. Uji hipotesis digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perlakuan terhadap kelas eksperimen menggunakan uji-t pada Paired Sample T-Test. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sebelum perlakuan yaitu hanya 4,8 % yang tuntas dan tidak tuntas 95,3 %, sedangkan setelah diberi perlakuan dengan jumlah presentase yaitu 85,8 % dan 14,3 % yang tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom dengan bantuan aplikasi WhatsApp dan Youtube yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Kampung Batas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Flipped Classroom, Hasil Belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:59 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 02:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |