PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMAN 4 KOTA JAMBI

AVIANTI, AZMIANA PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMAN 4 KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMAN 4 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (408kB)

Abstract

Pengembangan multimedia dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas XI IPA SMAN 4 Kota Jambi dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kelarutan dan hasil kali kelarutan memiliki karakteristik materi yang sulit dipahami dan dibayangkan, bila hanya dinyatakan secara simbolik dengan menggunakan persamaan reaksi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sumber belajar pelengkap berupa multimedia pembelajaran interaktif untuk memvisualisasikan konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, mengetahui penilaian validator, serta respon guru dan siswa terhadap multimedia yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE (Analyze-Design-Develop-Implement-Evaluate). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan lembar wawancara. Data yang terkumpul diolah menjadi data interval menggunakan skala Likert dan dianalisis berdasarkan rerata skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian multimedia pembelajaran interaktif menurut ahli materi, ahli media, penilaian guru, dan respon siswa masing-masing diperoleh rerata skor jawaban sebesar 3,27 (sangat baik); 3,22 (baik); 3,40 (sangat baik); dan 3,46 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif kelarutan dan hasil kali kelarutan yang dikembangkan telah layak dan mendapat respon sangat baik dari guru dan siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AZMIANA AVIANTI
Date Deposited: 12 Mar 2018 01:29
Last Modified: 12 Mar 2018 01:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item View Item