Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Mts Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi

Wulandari, Gusneni Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Mts Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi. BIMBINGAN DAN KONSELING. (Submitted)

[img] Text
Artikel Ilmiah neni.pdf

Download (321kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri SiswaKelas VIII Mts Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi Nama : Gusneni Wulandari NIM : ERA1D012107 Pembimbing : 1. Dr. Akmal Sutja, M.Pd 2. Drs. Joni Afri, M.Pd Kata Kunci: Konsep Diri, Kepercayaan Diri Peneltian ini dilatar belakangi adanya fenomena lapangan yang menunjukan adanya siswa kelas VIII yang kurang memiliki konsep diri yang baik dalam hal menjalin hubungan dengan teman, selain itu kurangya kepercayaan diri siswa yang terlihat saat proses kegiatan belajar sedang berlansung adalah siswa kurang mampu untuk mengjukan pendapat dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, terlihat malu dan berusaha menghindar saat disuruh tampil di depan kelas, sert kurang yakin dengan kemampuan yang dimiliki saat mengerjakan tugas, sehingga membuat siswa melihat jawaban milik temanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri siswa kelas VIII Mts al ihsaniyah sarang burung muaro jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi siswa kelas VIII di mts al-ihsaniyah yang berjumlah 52 orang dari jumlah populasi penelitian tersebut, seluruhnya dijadikan sebagai sampel penelitian. tekhnik pengmbilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik totl sampling. alat penguumpul data dan penelitian ini adalah angket yang berisi 81 item pernyataan untuk semua variabel penelitian. data yang diperoleh diolah dengan mengunakan analisis statistik corellations person produck moment dengan bantuan program SPSS 21,0. Berdasarkan hasil analisis dataa, maka diketahui bahwa terdapat korelasi yang memadai, positif dan berarti antara konsep diri dengan kepercayaan diri siswa kelas VIII Mts al-ihsaniyah (muaro jambi. Hal ini memberikan impikasi pada peaksanaan layanan bimbingan dan konseling disekolah. sesuai dengan hasil yang diperoleh, maka guru pembimbing disekolah memiliki eran yang sangat penting dalam membantu siswa membentuk konsep diri yang baik, sehingga siswa lebih mampu untuk menampilkan kepercayaan dirinya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: GUSNENI WULANDARI
Date Deposited: 13 Mar 2018 01:31
Last Modified: 13 Mar 2018 01:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3589

Actions (login required)

View Item View Item