Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi Pada Proses Pembeljaran di Kelas Rendah Pada Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Prameswari, Adelia Putri (2022) Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi Pada Proses Pembeljaran di Kelas Rendah Pada Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (101kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
SKRIPSI_Adelia Putri P_A1D118028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Prameswari, Adelia Putri 2022:’Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi Pada Proses Pembelajaran di Kelas Rendah Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ”: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (2) Alirmansyah, S.Pd,. M.Pd Kata Kunci : Penggunaan TIK, Proses pembelajaran, di kelas rendah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan teknologi informasi komunikasi pada proses pembelajaran di kelas rendah pada masa pembelajaran tatap muka terbatas di SDN 268/VI Bungo Antoi Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 268/VI Bungo. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulkan data yang digunakaan adalah wawancara, obervasi dan data dokumen dengan teknik analisis data yaitu reduksi data,penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencaan pembelajaran Guru Kelas I,II,III telah mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK menggunakan grup kelas di aplikasi whatssapp Aplikasi yang digunakan mudah untuk digunakan selain itu sebelumnya bersama wali murid guru kelas I,II,III telah berkoordinasi dalam implementasi pembelajaran berbasis TIK pada kelas I,II,III ini serta adanya kesadaran tentang pentingnya siswa tetap belajar. oleh warga sekolah merupakan faktor pendukung trhadap implementasi pembelajaran tematik berbasis TIK pada kelas I,II,III. Pemanfaatan lingkungan sekitar tempat tinggal siswa kurang digunakan, kemudian siswa terkendala dalam penggunaan gawai rendah signal merupakan faktor penghambat terhadap Penggunan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) pada proses pembelajaran di kela rendah pada masa pembelajaran tatap muka terbatas di SD Negeri 268/VI Bungo Antoi. Kesimpulan mengenai implementasi pembelajaran berbasis TIK pada kelas I,II,III yakni telah terlaksana dengan baik. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu guru kelas menggunakan media pembelajaraan yaitu video pembelajaran, power point dan aplikasi whatsApp dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK, dalam menggunakan aplikasi pemanfaatan TIK yaitu pembuatan media,penggunaan aplikasi,penggunaan alat,pencarian bahan ajar dalam TIK pada proses pembelajran di kelas rendah pada masa pembelajaran tatapan muka terbatas. Guru kelas telah mempersiapkan penggunaan alat dan memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap dalam penggunakan TIK.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Prameswari
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:39
Last Modified: 30 Jun 2022 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35921

Actions (login required)

View Item View Item