Andani, Nisa (2022) Pengembangan Instrumen Berformat Five-Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (801kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Miskonsepsi adalah kesalahpahaman dalam menghubungkan antara suatu konsep yang baru dengan konsep yang sudah ada dalam pikiran siswa, sehingga terbentuk konsep yang salah yang bertentangan dengan konsepsi para ahli. Miskonsepsi juga terjadi pada banyak siswa terutama siswa pemula, hal ini biasanya disebabkan siswa banyak menghafal dari pada memahami konsep. Untuk itu diperlukan adanya tes diagnostik untuk mengetahui tingkat miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Tes diagnostik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes diagnostik berformat five�tier. Tes diagnostik five-tier terdiri dari tingkat pertama berupa jawaban, keyakinan terhadap jawaban, alasan terhadap jawaban, keyakinan terhadap alasan dan sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen five-tier diagnostic test dan mengetahui kelayakan instrumen five-tier diagnostic test pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 4D yang terdiri dari tahapan define, design, develop & disseminate. Namun dalam pelaksanaan penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop. Subjek Uji coba pada penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi dan SMAN 1 Sarolangun dengan jumlah responden sebanyak 102 siswa. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar validasi berupa instrumen sebanyak 7 butir soal yang telah memenuhi validitas melalui bantuan validator dengan presentase kelayakan masing-masing 85% dan 84,5%. Data kuantitatif diperoleh dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas diperoleh nilai validitas tiap butir soal > 0,3 artinya instrumen ini telah valid dan uji reliabilitas nilai reliabiltas sebesar 0,684 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel serta dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Miskonsepsi Fisika, Elastisitas dan Hukum Hooke, Five-Tier |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Andani |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 01:58 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 01:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |