ANALISIS KONSTRUKSI KONSEP BERDASARKAN TEORI ACTION, PROCESS, OBJECT, AND SCHEME (APOS) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SMP

Sari, Indah Yulia (2022) ANALISIS KONSTRUKSI KONSEP BERDASARKAN TEORI ACTION, PROCESS, OBJECT, AND SCHEME (APOS) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
INDAH YULIA SARI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (398kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konstruksi konsep berdasarkan teori action, process, object, and scheme (APOS) pada materi persamaan garis lurus masih rendah. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis konstruksi konsep berdasarkan teori action, process, object, and scheme (APOS) pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Jambi pada Maret 2022. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII A. Dari satu kelas sebagai calon subjek, berdasarkan langkah pengerjaannya pada lembar jawaban, calon subjek terbagi menjadi 3 kelompok dan diambil masing-masing 1 orang dari masing-masing kelompok sebagai subjek penelitian. Instrument penelitian terdiri dari lembar tes menggunakan metode think aloud dan pedoman wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, S-1 mampu mencapai semua indikator konstruksi konsep berdasarkan teori action, process, object, and scheme (APOS). S-2 mampu mencapai semua indikator konstruksi konsep berdasarkan teori action, process, object, and scheme (APOS), hanya saja S-2 belum bisa mengungkapkan konsep-konsep yang terdapat didalam langkah penyelesaiannya. Sedangkan S-3 hanya bisa memenuhi sebagian indikator konstruksi konsep berdasarkan teori action, process, object, and scheme (APOS), karena S-3 tidak menuliskan diketahui dan ditanya, tidak bisa mengungkapkan konsep-konsep yang terdapat dalam langkah penyelesaian, dan tidak menuliskan kesimpulan dalam langkah penyelesaiannya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Konsep, Teori APOS, Persamaan Garis Lurus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sari
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:45
Last Modified: 30 Jun 2022 02:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35959

Actions (login required)

View Item View Item