Maharani, Chita Arum (2022) Analisis Kesalahan Konstruksi Konsep Berdasarkan Teori Action, Process, Object, Scheme (APOS) Pada Materi Bentuk Aljabar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI CHITA ARUM MAHARANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (920kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (601kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (482kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terjadinya kesalahan konstruksi konsep siswa pada materi bentuk aljabar. Untuk memperbaiki kesalahan konstruksi konsep siswa tersebut perlu untuk menelusuri sumber kesalahannya. Proses penelusuran kesalahan siswa dapat dilakukan dengan memanfaatkan teori tentang bagaimana seseorang mengkonstruk suatu konsep matematika yaitu teori APOS. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis terjadinya kesalahan konstruksi konsep siswa berdasarkan teori APOS pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Jambi pada kelas VII G. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan soal tes kepada siswa yang dikerjakan dengan think aloud dan wawancara dengan siswa. Kemudian data dianalisis secara kualitatif. Dari satu kelas calon subjek, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan prosedur pengerjaan di lembar jawaban siswa,dimana kelompok 1 adalah siswa yang membuat pemisalan dalam lembar jawaban dan kelompok 2 adalah siswa yang tidak membuat pemisalan dalam lembar jawaban, dari tiap kelompok diambil 2 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Instumen penelitian ini terdiri dari lembar tes dan instrumen wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keempat subjek mengalami kesalahan konstruksi konsep dimana subjek 1 (S-I) mengalami pseudo construction benar pada tahap aksi, pseudo construction benar pada tahap proses dan mis-analogical construction pada tahap objek, subjek 2 (S-II) mengalami mis-logical construction pada tahap proses, mis-analogical construction pada tahap objek, dan pseudo construction salah pada tahap objek, S-II terlihat tidak memenuhi indikator skema. Subjek 3 (S-III) mengalami pseudo construction benar pada tahap aksi, lubang konstruksi pada tahap proses, mis-analogical construction pada tahap objek dan Mis-logical construction pada tahap skema. Subjek 4 (S-IV) mengalami pseudo construction salah pada tahap proses dan mis-analogical pada tahap objek
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Konstruksi Konsep, Teori APOS, Bentuk Aljabar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Maharani |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:44 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 02:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |