Aprily, Uliya (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA KELAS X BERBASIS KEARIFAN LOKAL. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
A1C318087_ULIYA APRILY.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (105kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil tes diagnostik kemampuan siswa didapatkan data sebanyak 32,6% siswa yang mampu berpikir pada tingkat pemahaman C3 (mengaplikasikan), sedangkan sebanyak 67,4% siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan konsep momentum dan impuls dalam kehidupan sehari-hari yang dikaitkan dengan kearifan lokal Jambi. Selain itu, sebanyak 60,5% siswa pada saat pembelajaran lebih tertarik jika menggunakan media pembelajaran yang di dalamnya terdapat materi, gambar, dan video pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, bahwa guru belum pernah menggunakan media pembelajaran yang di dalamnya dapat menggabungkan materi, gambar, ilustrasi dan video pembelajaran berupa modul elektronik (e-modul). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana produk akhir e-modul materi momentum dan impuls SMA kelas X berbasis kearifan lokal dan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap e-modul materi momentum dan impuls SMA kelas X berbasis kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Desseminate). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi pada 19 - 20 April 2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan siswa kelas X IPA 5 yang berjumlah 35 siswa. Jenis data yang diperoleh ada 2 macam yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kebutuhan, lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan media serta angket persepsi siswa yang disebarkan secara langsung ke sekolah. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan e-modul materi momentum dan impuls berbasis kearifan lokal. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 95,63% dengan kategori “Sangat Baik” dan ahli media sebesar 94,90% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil persepsi siswa terhadap e-modul materi momentum dan impuls berbasis kearifan lokal memperoleh nilai dengan persentase 89,66% dengan kategori “Sangat Baik” sehingga menunjukkan bahwa e-modul merupakan media penunjang pembelajaran yang sangat baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, momentum & impuls, kearifan lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | APRILY |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 06:40 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35974 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |