PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK MENDUKUNG LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII SMP

LASE, APRICELLY GRESYA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK MENDUKUNG LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
Skripsi fix_A1C218048_Apricelly Gresya Lase.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (207kB)
[img] Text
hal pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sangatlah penting terutama dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran dapat digunakan untuk membantu serta mendukung literasi matematika siswa. Pada kondisi nyata penggunaan media pembelajaran yang digunakan whatsapp dan referensi video melalui youtube. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Mobile Learning berbasis android untuk mendukung kemampuan literasi matematika siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Meliputi tahapan analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, salah satu guru matematika kelas VII SMP Negeri 17 Sarolangun, serta peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Sarolangun sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas media pembelajaran mobile learning berbasis android untuk mendukung literasi matematika siswa pada materi perbandingan dapat dilihat dari tiga kriteria kelayakan, yaitu validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Untuk aspek validasi media pembelajaran mobile learning berbasis android valid dengan validitas sebesar 80%. Untuk angket kepraktisan yaitu dari angket respon guru adalah 87,058% kriteria sangat praktis dan angket respon 9 siswa adalah 94,35% dengan kriteria sangat praktis maka menunjukan bahwa media pembelajaran mobile learning praktis. Untuk aspek keefektifan media pembelajaran mobile learning dilihat dari hasil tes literasi matematika siswa yang memperoleh skor kemampuan literasi matematika minimal pada kriteria sedang diperoleh 83,3%.dan angket respon peserta didik dengan persentase 93,33% dengan kriteria sangat efektif praktis maka menunjukan bahwa media pembelajaran mobile learning efektif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mobile Learning, Android, Literasi Matematika, Perbandingan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LASE
Date Deposited: 30 Jun 2022 06:54
Last Modified: 30 Jun 2022 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35977

Actions (login required)

View Item View Item