PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN TIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI DAERAH 3T PADA MASA COVID-19 DI SDN 08 SALIMPAUNG KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT

Putri Yanti, Nena and Denmar, Denny and Saudagar, Ferdiaz (2022) PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN TIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI DAERAH 3T PADA MASA COVID-19 DI SDN 08 SALIMPAUNG KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT. S1 thesis, Administrasi Pendidikan.

[img] Text
cover.pdf

Download (85kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI NENA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)

Abstract

Yanti, Putri. Nena, 2022. Peran Guru Dalam Pemanfaatan Tik Sebagai Media Pembelajaran Di Daerah 3t Pada Masa Covid-19 Di Sdn 08 Salimpaung Kabupaten Agam Sumatera Barat: Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Kata Kunci: Peran Guru, Pemanfaatan TIK Di Daerah 3T Pada Masa Covid-19 Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran di daerah 3T di SDN 08 Salimpaung. Peran guru sangat dibutuhkan didalam sebuah lembaga pendidikan baik dari jenjang dasar sampai seterusnya. Penelitian ini mengambil tiga informan dari guru kelas IV, V, VI SDN 08 Salimpaung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumen. Teknik analisis penyajian data dimulai dari pengumpulan data wawancara dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran di daerah 3T sudah dapat dikatakan baik dari segi mendidik, mengajar,melatih dan membimbing siswa menggunakan ICT sebagai alat berkomunikasi dan pengembangan diri. Adapun kendala guru dalam menjalankan perannya yaitu sulit dalam mengembangkan indikator pembelajaran ,sulit dalam mengembangkan indikator, pembelajaran, waktu penyelesaian R P terlalu singkat ,tuntutan KKM yang terlalu tinggi, kesulitan dalam mengembangkan penilaian autentik. Dan kendala guru dalam memanfaatkan TIK yaitu Daerah 3T, Jaringan tidak stabil, Terbatasnya kuota internet, Keterbatasan pengetahuan dalam mengoperasikan software , sebagian siswa tidak memiliki Smartphone, Spesifikasi Smartphone yang masih rendah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Yanti
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:06
Last Modified: 01 Jul 2022 07:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35986

Actions (login required)

View Item View Item