Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Saputra, Joko (2022) Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
A1D118109_JOKO SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Saputra, Joko. 2022. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar : Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Dra. Hj. Destrineli, M.Pd (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kesulitan, Membaca Permulaan, Kelas I Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan dalam membaca nyaring siswa kelas I di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Nomor 186/I Sridadi pada bulan Maret 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data bertujuan untuk melihat kesulitan membaca permulaan dalam membaca nyaring siswa kelas I Sekolah Dasar. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan alasan sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan dalam membaca nyaring siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 186/I Sridadi. Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan siswa kelas I SD Negeri 186/I Sridadi serta orang tua murid. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan pertama reduksi data, tahapan kedua penyajian data, dan tahapan ketiga verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan membaca permulaan dalam membaca nyaring siswa kelas I sekolah dasar. Siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 186/I Sridadi mengalami kesulitan dalam membaca nyaring. Kesulitan yang dialami siswa yaitu kesulitan dalam mengenal huruf, kesulitan membaca suku kata, kesulitan membaca kata, kesulitan membaca kalimat sederhana, dan kesulitan membaca dengan lafal dan intonasi yang jelas. Kesulitan membaca permulaan dalam membaca nyaring tersebut masih dialami oleh beberapa siswa kelas I SDN 186/I Sridadi. Berdasarkan hasil penelitian yaang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa siswa kelas I SDN 186/I Sridadi berjumlah 11 orang siswa, dan ada 4 orang siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan dalam membaca nyaring. Kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh ke empat siswa tersebut berkaitan dengan kesulitan dalam mengenali huruf, siswa mengalami kesulitan dalam mengingat huruf, siswa terkadang masih lupa beberapa huruf seperti d, p, q, w, f, v, dan h, siswa juga belum dapat menyebutkan dan menunjukkan keseluruhan huruf abjad dengan benar, siswa masih kesulitan mengingat, membedakan bentuk dan membunyikan huruf. Kesulitan lainnya siswa belum mampu merangkai huruf (mengeja) suku kata yang lebih dari dua huruf dan yang memiliki imbuhan “ng” dan “ny” seperti “t-a-ng-g-a-l”. Siswa masih terbata-bata dalam membaca dan juga terkadang siswa juga masih salah dalam membaca kata seperti “pernyataan” dibaca “pertanyaan”, “ialah” dibaca “adalah”. Siswa juga belum dapat membaca dengan intonasi yang jelas dikarenakan belum mengenali dan memahami tanda baca.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Membaca Permulaan, Kelas I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SAPUTRA
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:57
Last Modified: 01 Jul 2022 02:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36002

Actions (login required)

View Item View Item