Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Jeni, Nadia Fitri (2022) Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (426kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
halaman persetujuan, pengesahan.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah dasar serta faktor-faktor yang memepengaruhi kemampuan siswa dalam membaca permulaan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 045/I Sridadi pada tanggal 22 februari 2022 hingga 22 maret 2022. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas II dan orang tua siswa kelas II SD Negeri 045/I Sridadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 orang siswa kelas II SD Negeri 045/I Sridadi ditemukan bahwa 6 orang siswa yaitu JA, AC, MR, AI, DA, dan MN mengalami permasalahan dalam ranah membaca permulaan seperti: (a) belum mampu mengenal huruf, (b) membaca suku kata, (c) mengeja kata, (d) merangkai kata menjadi kalimat sederhana, dan (e) membaca teks pendek yang mana aspek tersebut merupakan tolak ukur siswa dikatakan mampu membaca permulaan. Kemudian kesulitan siswa dalam membaca permulaan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: (a) kurangnya minat belajar, (b) kurang percaya diri, (c) Pendidikan pra sekolah, dan (d) Perhatian dari orang tua. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih memaksimalkan lagi pengajaran akan pengenalan huruf dan cara membedakan serta mengeja kata, kalimat ataupun teks pendek. Selain itu orang tua juga lebih memperhatikan lagi kegiatan anak dalam pendidikan terutama dalam pengejaran membaca permulaan. Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Permulan, Analisis

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Jeni
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:49
Last Modified: 01 Jul 2022 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36006

Actions (login required)

View Item View Item