Safitri, Haini (2022) Implementasi Media Komik GLB dan GLBB Berbasis Cerita Rakyat Kelingking untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas X SMAN 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
COVER..pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (177kB) |
Abstract
ABSTRAK Safitri, Haini.2022. Implementasi Media Komik GLB dan GLBB Berbasis Cerita Rakyat Kelingking untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Haerul Pathoni, S.Pd., M.Pfis (II) Alrizal, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: media, komik, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran di SMA N 2 Kota Jambi khususnya pada pelajaran fisika. Hal tersebut menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang memahami materi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA N 2 Kota Jambi kelas X IPA 5 pada pelajaran fisika dengan menggunakan media komik GLB dan GLBB berbasis Cerita Rakyat Kelingking. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan dan terdapat empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Kota Jambi dengan subjek penelitian adalah setengah kelas dari siswa kelas X IPA 5 yang terdiri berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes hasil belajar (pretest dan post test), lembar observasi keaktifan siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Sedangkan data kualitatif yaitu deskripsi kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 44,4%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 27,8% menjadi 72,2% dan pada siklus III mengalami peningkatan lagi sebesar 21,8% menjadi 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik fisika berbasis Cerita Rakyat Kelingking dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 5 di SMA N 2 Kota Jambi. Penulis menyarankan penggunaan media komik berbasis cerita rakyat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. ABSTRACT Safitri, Haini. 2022. Implementation of GLB and GLBB Comic Media Based on the Little Lingking Folklore to Improve Learning Outcomes of Class X Students of SMAN 2 Jambi City. Thesis, Department of Physics Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Haerul Pathoni, S.Pd., M.Pfis (II) Alrizal, S.Pd., M.Sc. Keywords: media, comics, learning outcomes This research is motivated by the lack of use of learning media in SMA N 2 Jambi City, especially in physics lessons. This causes students to feel bored and do not understand the material. The purpose of this study is to improve student learning outcomes of SMA N 2 Jambi City class X IPA 5 in physics lessons using GLB and GLBB comics based on the Kelingking Folklore. This research is a Classroom Action Research conducted in 3 cycles. Each cycle consists of 1 meeting and there are four stages of activities, namely planning, implementation, observation and reflection. This research was conducted at SMA N 2 Jambi City with the research subject being half the class of students in class X IPA 5 which consisted of 18 students. Data collection techniques used interviews, learning outcomes tests (pretest and post test), student activity observation sheets and documentation. The data analysis technique used in this study is quantitative data, namely by calculating the average and percentage of students' completeness. While qualitative data is a description of activities during the learning process takes place. The results of this study indicate that the percentage of students who achieved the KKM score in the first cycle was 44.4%, in the second cycle it increased by 27.8% to 72.2% and in the third cycle it increased again by 21.8% to 94%. . Based on the results of the study, it can be concluded that the use of physics comics based on the Kelingking Folklore can improve student learning outcomes in class X IPA 5 at SMA N 2 Jambi City. The author suggests the use of folklore-based comics as an alternative learning media to improve student learning outcomes.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SAFITRI |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 03:17 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |