Putri, Asti Amelia (2022) Efektivitas Penggunaan Kahoot dalam Meningkatkan Hail Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (223kB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar adalah Kahoot. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media kahoot dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X IPA 2 SMAN 2 Kota jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest dan posttest yang diperoleh dari hasil belajar siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 2 dengan jumlah sampel 36 siswa yang dipilih melalui simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media kahoot efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t berpasangan dan uji N-gain. Berdasarkan hasil uji t berpasangan didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil 0,05, hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media kahoot. Untuk uji N-gain diperoleh rata-rata nilai N-gain sebesar 0,62, hasil tersebut menunjukka n peningkatan hasil belajar siswa berada pada kategori sedang (0,3 ≤ g ≤ 0,7), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Kahoot efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media kahoot diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Dengan adanya penelitian berupa penggunaan media pembelajaran berupa kahoot diharapkan pendidik dapat menyajikan media pembelajaran yang lebih menarik agar hasil belajar siswa dapat meningkat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kahoot, media, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 03:17 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36058 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |