STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

ISPIHAN, MUHAMMAD (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
A1D118169_MUHAMMAD ISPIHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ispihan, Muhammad. 2022. Strategi Guru Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Menanamkan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si, (II) Alirmansyah, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Strategi, Pembelajaran, Toleransi. Penelitian ini bertujuan untuk mpengetahui bagaimana strategi guru dalam pembelajaran tematik untuk menanamkan sikap toleransi pada peserta didik kelas IV SD di SD N 121/I Muaro Singoan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV serta siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu : strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran untuk menanamkan sikap toleransi pad peserta didik kelas IV dimulai dari dilakukanya perencanaan, pengaturan tempat duduk, pemilihan metode pembelajaran, keteladanan dan pembiasaan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat terus melakukan berbagai strategi yang kreatif untuk menanamkan sikap toleransi pada perserta didik, sehingga sikap toleransi pada siswa bisa tertanam dengan dilakukannya proses penanaman sejak dini melalui pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, pembelajaran, toleransi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ispihan
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:40
Last Modified: 04 Jul 2022 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36088

Actions (login required)

View Item View Item