HADIJAH, SITI (2022) Pengaruh Model Peta Konsep dan Metakognisi Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover 1.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetuan dan Pengesahan.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (475kB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Hadijah. 2022. Pengaruh Model Peta Konsep dan Metakognisi Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd., (II) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd Kata Kunci: Model Peta Konsep, Metakognisi, Menulis argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji pengaruh model peta konsep dan metakognisi terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi-ekperiment, dengan variabel bebas (model peta konsep), variabel moderator (metakognisi), dan variabel terikat (kemampuan menulis argumentasi). Desain yang digunakan faktorial 2x2. Satu perlakuan dengan dua level (X1 dan X2) dan variabel moderator yang memiliki dua tingkatan (Y1 dan Y2). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 6 Tanjung Jabung Barat. Sedangkan sampelnya adalah kelas X Multimedia sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan pembelajaran model peta konsep dan metakognisi pengetahuan menulis. Hasil penelitian menunjukan model peta konsep memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa dengan (1) hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,751 > ttabel = 2,086 berdasarkan kriteria, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. (2) hasil uji hipotesis juga membuktikan bahwa model peta konsep yang diterapkan pada siswa yang memiliki metakognisi tinggi berpengaruh secara signifikan dengan pemerolehan nilai thitung = 2,581 > ttabel = 2,086 yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. (3) Hasil uji hipotesis juga mempertegas hal itu, dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 2,469 > 2,086 ttabel (4) Hasil uji hipotesis juga mempertegas hal tersebut dengan diperoleh nilai thitung = 2,214 > ttabel = 2,086. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan model peta konsep dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis argumentasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini merekomendasikan kepada guru Bahasa Indonesia untuk menggunakan model pembelajaran peta konsep pada pembelajaran menulis argumentasi, karena dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis argumentasi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Peta Konsep, Metakognisi, Menulis argumentasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | HADIJAH |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 02:03 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 02:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |