Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powerdirector Pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kelas VI Sekolah Dasar

Barwaasi, M. Agil (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powerdirector Pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kelas VI Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
1 COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Barwaasi, M. Agil. 2022. Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powerdirector Pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kelas VI Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si., (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Media, Video Pembelajaran Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media video pembelajaran menggunakan aplikasi powerdirector pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 kelas VI Sekolah Dasar, (2) untuk mengetahui tingkat validitas produk media video pembelajaran menggunakan aplikasi powerdirector pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 kelas VI Sekolah Dasar, (3) untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk media video pembelajaran menggunakan aplikasi powerdirector pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 kelas VI Sekolah Dasar Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD N 13/I Muara Bulian. Data penelitian ini diperoleh dari angket validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon guru dan respon peserta didik untuk melihat kepraktisan media video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur pengembangan video pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis teknologi pendidikan), Design (penyusunan materi, perlengkapan, dan storyboard), Development (ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan respon guru), Implementation (uji coba kelompok kecil dan besar), dan Evaluation (evaluasi formatif). Tingkat validitas video pembelajaran oleh validator ahli materi dengan skor rata-rata 3,83 termasuk kategori valid, validator ahli media dengan skor rata-rata 4,26 termasuk kategori sangat valid, validator ahli bahasa dengan skor rata-rata 4,00 termasuk kategori valid. Penilaian kepraktisan produk dari 3 orang guru termasuk kategori sangat praktis dengan skor rata-rata dari praktisi I 4,66, praktisi II 4,66 dan praktisi III 4,46 dan penilaian kepraktisan produk dari peserta didik dengan skor rata-rata 4,76 termasuk kategori sangat praktis. Hasil penelitian video pembelajaran pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 kelas VI sekolah dasar telah mengikuti kelima tahapan model ADDIE. Video pembelajaran yang telah dikembangkan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran kelas VI Sekolah Dasar. Video pembelajaran dapat membantu guru dalam penyampaian materi dan mempermudah peserta didik dalam pemahaman materi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Video Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: BARWAASI
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:42
Last Modified: 05 Jul 2022 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36101

Actions (login required)

View Item View Item