Pengaruh Coercive Power dan Reward Power Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Kota Jambi

Pebriyanti, Enita and Muazza, Muazza and Rahman, K.A (2022) Pengaruh Coercive Power dan Reward Power Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Kota Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
4. BAB 5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan coercive power dan reward power kepala sekolah, serta kinerja guru di SMK Negeri 1 Kota Jambi, serta menganalisis pengaruh coercive power dan reward power yang digunakan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Kota Jambi, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang masih aktif mengajar dan berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), yang berjumlah 59 orang. Berdasarkan teknik sampling jenuh yang digunakan, maka semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan format skala Likert, dimana data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik statisfik inferensial berupa partial least square (PLS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial coercive power berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Kota Jambi, sedangkan reward power berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Kota Jambi. Terkait dengan pengaruh secara simultan, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Coercive power dan reward power secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Kota Jambi. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu kepala sekolah SMK Negeri 1 Kota Jambi diharapkan dapat lebih memperhatikan kesesuaian antara sanksi atau hukuman yang diberikan dengan tingkat kesalahan atau ketidakdisiplinan yang dilakukan guru, serta tidak memandang status, prestasi, atau hubungan kedekatan antara guru dengan kepala sekolah dalam pemberian sanksi atau hukuman. Hal ini dikarenakan dimensi keadilan dalam memberikan hukuman dari variabel coercive power memberikan kontribusi pengaruh paling kecil terhadap kinerja guru.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Coercive Power, Reward Power, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Pebriyanti
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:59
Last Modified: 04 Jul 2022 02:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36120

Actions (login required)

View Item View Item