NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT LEGENDA BUKIT PERAK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP N 16 KOTA JAMBI

Adina, Mini (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT LEGENDA BUKIT PERAK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP N 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skrpsi Mini Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
CoVER.pdf

Download (127kB)
[img] Text
halaman Persetujuan (1).pdf

Download (757kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Cerita Rakyat Legenda Bukit Perak sebagai alternatif bahan ajar pembelajaran bahasa indoesia di SMP N 16 Kota Jambi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Legenda bukit perak dan apakah cerita rakyat Legenda Bukit Perak bisa dijadikan sebagai alternatif bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP 16 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data Primer berupa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Cerita Rakyat Legenda Bukit Perak dan data sekunder berasal dari perangkat pembelajaran serta hasil wawancara ntuk mengetahui apakah dengan penggunaan cerita rakyat Legenda bukit perak cocok sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian Detemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Cerita Rakyat Legenda Bukit Perak yaitu Nilai pendidikan karakter religius yang dicerminkan pada nilai menjaga dan memanfaatkan lingkungan, Nilai pendidikan karakter nasionalis yang dicerminkan pada nilai rela berkorban dan cinta tanah air, Nilai pendidikan karakter mandiri yang dicerminkan pada nilai kerja kera, Nilai pendidikan karakter gotong royong yang dicerminkan pada nilai saling menolong dan bermusyawarah, Nilai pendidikan karakter integritas yang dicerminakan pada nilai bertanggung jawab. hasil penelitian ini dapat dijadaikan sebagai bahan ajara pembelajaran bahasa Indonesia . cerita rakyat legenda bukit perak yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah khususnya pada kompetensi dasar KD 3.15 dan KD 4.15 terdapat kegiatan pembelajaran mencermati cerita rakyat (fabel dan legenda) yang berasal dari daerah setempat, mendata kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan tidak langsung, tema, alur, karakter tokoh, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa pada fabel/ legenda.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ADINA
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:38
Last Modified: 04 Jul 2022 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36126

Actions (login required)

View Item View Item