Mardianto, Ihsan (2022) Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI Ips 2 Sma Negeri 8 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
BAB 1 IHSAN SETELAH.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan ihsan mardianto.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI IHSAN MARDIANTO YUDISIUM.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Abstrak Mardianto,Ihsan,2022 penerapan model Mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Kota Jambi:Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial,FKIP Universitas Jambi,Pembimbing (1) Prof.Dr.Drs.Yundi Fitrah,M.Hum.Pembi,bing (2) Amir Syarifuddin,S.Pd.M.Pd Kata kunci: mind mapping, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menggambarkan Indikator peningkatan dari keberhasilan setiap siklus dan pembelajaran melalui model Mind mapping,serta untuk mengetahui bagaimana implementasi model Mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar sejarah. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan,pelaksanaan Tindakan dan Observasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif.data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil Observasi,wawancara,kuantitatif,dan dokumentasi. subjek dalam penelitian ini murid kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Kota jambi yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjjukan bahwa terjadi peningkatan dalam pembelajaran dengan menggunakan model Mind mapping nilai aspek kognitif saat pretest diperoleh persentase sebesar (25%),siklus 1 Tindakan 1 memperoleh (30%) ,pada Tindakan 2 memperoleh (36%).Pada siklus II Tindakan 1 memperoleh ( 50%) ,Tindakan 2 memperoleh (58%).pada siklus III Tindakan 1 memperoleh (66%),pada Tindakan 2 memperoleh (80%). untuk nilai Afektif.pada siklus 1 Tindakan 1 memperoleh (19%) , Tindakan 2 memperoleh (36%).siklus II Tindakan 1 memperoleh (47%), Tindakan 2 memperoleh (47%).siklus III pada Tindakan 1 memperoleh (61%) , Tindakan 2 memperoleh (72%). nilai psikomotor pada siklus 1 tindakan 1 memperoleh (36%) , Tindakan 2 memperoleh (41%).pada siklus II Tindakan 1 memperoleh (52%) , Tindakan 2 memperoleh (52%) pada siklus III Tindakan 1 memperoleh (63%),pada Tindakan 2 memperoleh (72%). Berdasarkan pemaparan data hasil penelitian diatas.dari berbagai Aspek,Aspek Afektif,Psikomotor dan Kognitif terjadi peningkatan persentase hasil belajar sejarah siswa mulai dari Siklus I hingga ke Siklus III.jadi dapat disimpulkan Hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Kota Jambi dengan menggunakan model Mind mapping mengalami peningkatan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kata kunci:Hasil Belajar,Mind Mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | MARDIANTO |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 07:26 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 07:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |