PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Lawati, Susi (2022) PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB V - Copy.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (38kB)
[img] Text
halaman pengesahan susilawati.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Skripsi Susilawati A1A218002 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Susilawati. 2022. Penerapan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarahdan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Firman, M.Si, (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Active Learning, Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menggambarkan indikator peningkatan dari keberhasilan setiap siklus dan pembelajaran melalui metode active learning, serta untuk mengetahui bagaimana penerapan metode active learning dapat meningkatkan hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kuantitatif dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Kota Jambi yang menggunakan metode active learning nilai kognitif pretes yang yang memperoleh presentase sebesar 25%, siklus I yaitu, pada tindakan I afektif 22,22%, psikomotor 30,55%, kognitif 41,66%, pada tindakan 2 afektif 25%, psikomotor 30,55%, kognitif 47,22%. Siklus II pada tindakan 1 afektif 36,11%, psikomotor 52,77%, kognitif 44,44 %, pada tindakan 2 afektif 36,11%, psikomotor 44,44%, kognitif 58,33% Siklus 3 tindakan 1 afektif 61,11%, psikomotor 66,66%, kognitif 72,22%, tindakan 2 afektif 72,22%, psikomor 72,22% dan kognitif 77,77%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatakan hasil belajar sejarah yang menggunakan metode active learning, hal ini ditunjukkan disetiap indikator afektif, kognitif dan psikomotor, presentasenya mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Saran yang dapat diberikan adalah agar dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi. Metode yang berbasis kelompok bertujuan untuk proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga siswa senang dan lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Active Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Susilawati
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:26
Last Modified: 04 Jul 2022 07:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36133

Actions (login required)

View Item View Item