EFEKTIVITAS BIDANG MIRING PADA MATA PELAJARAN SENAM LANTAI GERAKAN ROL DEPAN SISWA SDN 93 KOTA JAMBI SECARA BLENDED LEARNING

Syahdan Siregar, Aldo Yulio (2022) EFEKTIVITAS BIDANG MIRING PADA MATA PELAJARAN SENAM LANTAI GERAKAN ROL DEPAN SISWA SDN 93 KOTA JAMBI SECARA BLENDED LEARNING. S1 thesis, Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Halaman Pesetujuan, Pengesahan.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB)
[img] Text
SKRIPSI Aldo Yulio Syahdan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Aldo Yulio Syahdan Siregar.2022 “Efektivitas Bidang Miring Pada Mata Pelajaran Senam Lantai Gerakan Rol Depan Siswa SDN 93 Kota Jambi Secara Blended Learning”. Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Atri Widowati, S.Pd., M.Or Pembimbing (II) Ahmad Muzaffar, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Bidang Miring, Senam Lantai Gerakan Rol Depan, Blended Learning Beberapa kesulitan yang sering dihadapi oleh para pemula adalah sulit mengguling lurus ke belakang. Umumnya kesalahan itu karena terhambat oleh bagian kepala. Oleh sebab itu yang perlu dilakukan agar kepala tidak menjadi penghalang maka ketika posisi akhir guling, maka kepala harus tetap dalam keadaan di dekatkan ke dagu. Kemudian, kedua telapak tangan harus ikut membantu mendorong ke atas anggota badan bagian atas agar badan mudah mengguling ke belakang. Secara rinci kesalahan yang sering terjadi adalah sebagai berikut. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu permasalahan dan memotivasi siswa kelas 3 SDN 93 Kota Jambi dalam melakukan gerakan Rol Depan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dalam penelitian ini tedapat satu kelompok eksperimen yang sengaja diberi perlakuan. Adapun rencana penelitian ini menggunakan One Group Pritest-Postest Design yaitu satu kelompok yang diberi perlakuan, tetapi sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu tes awal (pritest), kemudian diakhiri perlakuan tes akhir (postest), Karena jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 berjumlah 49 orang maka penelitian ini merupakan penelitian populasi, artinya semua populasi dijadikan sampel pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data nilai L hitung untuk data tes awal dan tes akhir secara berurutan 0.0795 < L Tab 0,1265; 0.0681 < L Tab 0,1265. Maka berdasarkan analisis data ini dapat disimpulkan data tes awal dan tes akhir berdistribusi normal. Pada taraf signifikansi α = 0,05 maka diperoleh F tabel = 3,23. Maka Fhitung (1,77) < Ftabel (3,23) maka varian homogeny. Perbandingan harga antar t hitung dengan nilai presentil pada tabel distribusi – t, untuk taraf nyata α = 0,05 diperoleh t hitung (25,81) > t tabel (1,6772). Ini berarti terdapat efektivitas bidang miring pada mata pelajaran senam lantai gerakan rol depan siswa SDN 93 Kota Jambi secara blanded learning dengan t Hitung > t Tabel. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah efektivitas bidang miring pada mata pelajaran senam lantai gerakan rol depan siswa SDN 93 Kota Jambi secara blanded learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bidang Miring, Senam Lantai Gerakan Rol Depan, Blended Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: Siregar
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:02
Last Modified: 05 Jul 2022 02:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36175

Actions (login required)

View Item View Item