STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN MUARO JAMBI SKRIPSI

Pangestu, Rizki Agung (2022) STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN MUARO JAMBI SKRIPSI. S1 thesis, Ilmu pemerintahan.

[img] Text
SKRIPSI RIZKI AGUNG PANGSTU (H1A116022).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
agung lembar persetujuan.pdf

Download (462kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (916kB)

Abstract

Abstract Aksesibilitas perlu diperhatikan secara serius oleh pemerintah daerah agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya yang berkaitan dengan perbaikan kualitas pelayanan publik, pelayanan publik ini harus dapat dijangkau secara mudah oleh seluruh masyarakat tidak hanya di perkotaan tetapi juga di wilayah pedesaan. Oleh karena itu, aksesibilitas pelayanan publik yang baik akan dapat terwujud apabila ada strategi-strategi yang jelas. Strategi yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah strategi-strategi yang berkaitan dengan usaha pemerintah daerah Muaro Jambi atau dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk meningkatkan keterjangkauan pelayanan administrasi oleh semua warga negara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja strategi yang diberikan oleh Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk meningkatkan aksesibilitas pelayanan administratif kepada masyarakat daerah tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif . Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi, teknik pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling, dan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan ada beberapa strategi Disdukcapil untuk meningkatkan keterjangkauan pelayanan administratif kepada semua masyarakat, seperti desentralisasi tugas dan urusan kependudukan kepada perangkat daerah kecamatan dan desa/kelurahan, penggunaan media elektronik dan jaringan internet (daring) didalam proses pelayanan administrasi, penyediaan alat perekaman data Kartu Tanda penduduk di kecamatan, rencana pembangunan mall pelayanan publik, dan perbaikan sistem prosedur, .Namun peneliti juga menemukan beberapa kendala yang dihadapi Disdukcapil Muaro Jambi dari segi tangible, asurance, dan reability mash belum optimal. Faktor kendala antara lain pelayanan seperti, faktor sumber daya manusia, faktor sarana fisik, dan karakter birokrasi yang belum transparan. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Aksesibilitas, dan Strategi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: PANGESTU
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:44
Last Modified: 05 Jul 2022 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36222

Actions (login required)

View Item View Item