Pengembangan E-Modul Interaktif Pembelajaran Gambar Teknik Berbasis Keterampilan Kreatif Untuk Siswa SMK

Antonius, Antonius and Huda, Nizlel and Suratno, Suratno (2022) Pengembangan E-Modul Interaktif Pembelajaran Gambar Teknik Berbasis Keterampilan Kreatif Untuk Siswa SMK. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Tesis AN.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Tesis AN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V Tesis AN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Abstrak Tesis AN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Tesis AN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Tesis AN.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang adanya kesenjangan antara tujuan pendidikan di SMK dengan rendahnya hasil belajar siswa. Dimana tujuan SMK adalah untuk memberikan bekal kemampuan siap kerja kepada siswa sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan persyaratan yang ada di dunia kerja dan dunia industri, kenyataannya masih banyak siswa SMK yang belum menguasai kompetensi yang seharusnya mereka dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan prosedur pengembangan dan bentuk E-modul Interaktif Pembelajaran Gambar Teknik untuk Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan serta mengetahui kelayakan dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian pengembangan e-modul ini termasuk jenis Research and Development atau R&D yang akan menghasilkan sebuah produk. Penelitian pengembangan emodul ini menggunakan model ADDIE dimana terdapat beberapa proses kegiatan dan tahapan pengembangan, diantaranya adalah Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan, dan Evaluation (Evaluasi). E-modul ini melalui proses validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran dengan hasil kevalidan yang diperoleh adalah dengan kriteria “Sangat valid”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 3 Tebo yang terdiri dari ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar dengan hasil yang dapat disimpulkan dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi dan ujicoba yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa E-modul Interaktif Pembelajaran Gambar Teknik Berbasis Keterampilan Kreatif untuk Siswa SMK yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif Pembelajaran, Gambar teknik, Keterampilan Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: ANTONIUS
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:14
Last Modified: 05 Jul 2022 07:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36249

Actions (login required)

View Item View Item