Angraini, Yulia (2018) PROFIL METACOGNITIVE AWARENESS SISWA SMA NEGERI SKOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
COVER FIX(1).pdf Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Yulia Angraini Samosir. 2018. Profil Metacognitive Awareness siswa SMA Negeri Kota Jambi : Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Maison, M.Si.,Ph.D (II)Ahmad Syarkowi, M.Pd Kata kunci : Profil, Metacognitive Awareness, SMA Kota Jambi Metacognitive Awareness merepresentasikan kesadaran seseorang akan proses berpikirnya sendiri. Metacognitive Awareness sangat penting untuk diketahui karena Metacognitive Awareness berguna untuk membantu siswa dalam menyusun konsep, serta menyelesaikan masalah dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. Informasi tentang profil metacognitive awareness dapat digunakan untuk menyusun kurikulum, menentukan standar pembelajaran serta menunjukkan sejauh mana kematangan kognitif seseorang. Tapi, berdasarkan informasi yang diperoleh melalui penelusuran berkas secara online (internet) serta berkas-berkas skripsi yang ada di Universitas Jambi profil metacognitive awareness siswa SMA di kota jambi tidak pernah diteliti sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profi Metacognitive Awareness siswa SMA Negeri Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey tipe Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri di Kota Jambi. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Sampel penelitian ini berjumlah siswa yaitu 756 siswa yang berasal dari 9 SMA negeri di kota Jambi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan penskoran MAI berpedoman pada skala likert, dalam bentuk angka dengan rentang 1 sampai 4, kemudian skor setiap indikator kesadaran metakognitif di konversi ke angka 100. Hasil penelitian menunjukkan persentase tertinggi Profil Metacognitive Awareness siswa di kota Jambi adalah berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 52,80% dari seluruh sampel, untuk kategori berprofil Metacognitive Awareness sangat baik ada sebanyak 40.90%, dan berkategori cukup dan kurang masing-masig sebesar 4.60% dan 1.50%. dan persentase terendah Profil Metacognitive Awareness adalah berada pada kategori Kurang Sekali dengan besar persentase sebesar 0,3%. Ini menunjukkan bahwa banyak siswa yang telah memiliki kesadaran akan kemampuan metakognitifnya sehingga siswa tersebut sudah dapat mengevaluasi hasil dari proses berpikirnya. Dengan kesadaran kemampuan metakognitifnya tersebut dapat memperkecil kesalahan siswa sehingga siswa bisa menyusun strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya dalam pembelajaran
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | YULIA ANGRAINI SAMOSIR |
Date Deposited: | 13 Mar 2018 04:44 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 04:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3629 |
Actions (login required)
View Item |