Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Bassed Learning) PadaMateri Teks Persusi di Kelas VIII SMP N 47 Muaro Jambi.

Shofyan, Kohar Alim and Harahap, Eddy Pahar and Rasdawita, Rasdawita (2022) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Bassed Learning) PadaMateri Teks Persusi di Kelas VIII SMP N 47 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
IMG_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
SKRIPSI A1B118068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sofyan Alim, Kohar. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Bassed Learning) PadaMateri Teks Persusi di Kelas VIII SMP N 47 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd., (II) Dra. Rasdawita, M.M. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, teks persuasi Model belajar berbasis masalah (Problem Bassed Learning) adalah suatu strategi pengajaran dimana siswa secara aktif dihadapkan pada masalah kompleks dalam situasi nyata, siswa juga belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan dan hambatan model pembelajaran berbasis masalah pada teks persuasi di kelas VIII SMP N 47 Muaro Jambi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi dan wawancara dengan instrumen penelitian kuisioner dan alat rekam. Hasil pengamatan peneliti mengacu pada 5 tahapan yang ada dalam model pembelajaran berbasis masalah, yaitu:1) Orientasi peserta didik terhadap masalah. 2) Mengorganisasi peserta didik dalam belajar. 3) Membimbing penyelidikan individu dan kelompok. 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil. 5) Menganalisa dan mengevaluasi hasil. Simpulan penelitian, melalui model belajar berbasis masalah pola pikir siswa terbentuk agar berpikir kritis, dan mampu memecahkan masalah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: SOFYAN
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:43
Last Modified: 06 Jul 2022 07:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36299

Actions (login required)

View Item View Item