Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Rangkaian Listrik Untuk Siswa SMP Kelas IX

Fajri, Nur (2018) Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Rangkaian Listrik Untuk Siswa SMP Kelas IX. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Halaman Sampul .pdf

Download (23kB)
[img] Text
2. halaman sampul 2.pdf

Download (23kB)
[img] Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Pajri, Nur. 2018. Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Rangkaian Listrik Untuk Siswa SMP Kelas IX:Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fkip Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M Hidayat, M.Pd., (II) Dwi Agus Kurniawan, M.Pd. Kata kunci: modul elektronik, flipbook maker, rangkaian listrik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran teknologi sebagai media pembelajaran yang harus diterapkan di sekolah guna mempermudah proses belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 harus memanfaatkan peran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Dengan menggunakan modul elektronik akan mempermudah peserta didik dalam menerima ilmu pengetahuan. Rangkaian listrik merupakan salah satu materi pembelajaran fisika yang memerlukan media pembelajaran. Hal ini dikarenakan pada materi rangkaian listrik terdapat uraian dan pemahaman konsep serta hitungan. Oleh karena itu dalam penyajian materi rangkaian listrik diperlukan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan konsep dan hitungan agar dapat dipahami oleh siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Modul Elektronik Fisika Menggunakan Softwer Flipbook Maker Pada Materi Rangkaian Listrik Untuk Siswa SMP Kelas IX, serta mengetahui persepsi siswa terhadap modul elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development yang dikembangkan menggunakan model Borg and Gall yang dikemukakan oleh Sugiyono. Media pembelajaran berupa modul elektronik fisika yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh tim ahli, dan selanjutnya diujicobakan kepada siswa guna mengetahui persepsi siswa terhadap modul yang telah dikembangkan. Dari hasil angket yang disebarkan kepada 40 responden dari 2 kelas IX SMP didapatlah rata-rata untuk kelas H 59,1 dan untuk kelas J didapat rata-rata 60,3. Dari hasil yang telah diperoleh didapatlah kesimpulan bahwa media embelajaran berupa modul elektronik fisika berbasis saintifik yang dikembangkan menggunakan Software Flipbook Maker dapat dikategorikan baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Pajri
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:44
Last Modified: 13 Mar 2018 04:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3630

Actions (login required)

View Item View Item