Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi

tiani, Sulis (2022) Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (194kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[img] Text
SKRIPSI Full SULISTIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (286kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sulistiani. 2022. Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Sulhi Muhamad Daud Abdul Kadir, Lc., M.H., (II) Sahrizal Vahlepi, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Bahasa Arab, Kesulitan Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran bahasa Arab dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menegah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi pada bulan April-Mei 2022.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIIc di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi yaitu guru bahasa arab membuat perencanaan pembelajaran seperti membuat RPP pembelajaran dan mempersiapkan materi yang akan disampaikan. Pelaksanaan pembelajaran yaitu guru menggunakan metode ceramah, metode drill, dan metode tanya jawab, dan memberikan perhatian lebih kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Evaluasi pembelajaran yaitu guru melakukan penilaian dalam bentuk tes tertulis dan tes lisan.Adapun faktor pendukung dalam pengelolaan pembelajaran yaitu tersedianya buku paket bahasa Arab, Adanya motivasi dari guru bahasa Arab, dan jam pelajaran yang sudah memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam pengelolaan pembelajaran yaitu kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab, kondisi kelas yang kurang kondusif, media pembelajaran yang belum memadai, dan belum tersedianya laboratorium bahasa. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah lebih meningkatkan pengawasan dan evaluasi yang lebih kepada semua guru dalam melaksanakan proses pembelajaran serta meningkatkan sarana dan prasarana agar proses pembelajaran dapat berjalan secara maksimal. Serta untuk guru hendaknya lebih kreatif lagi dalam mengajar dan lebih menguasai kelas dalam menyampaikan materi. ABSTRACT Sulistiani. 2022. Management of Arabic Learning in Overcoming Students' Learning Difficulties at Ahmad Dahlan Junior High School Jambi City: Thesis, Department of Language and Literature Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Sulhi Muhamad Daud Abdul Kadir, Lc., M.H., (II) ) Sahrizal Vahlepi, S.Pd.I., M.Pd. Keywords: Learning Management, Arabic, Learning Difficulties. This study aims to determine how the management of Arabic language learning in overcoming the learning difficulties of students at Ahmad Dahlan Junior High School Jambi City. This research was conducted at Ahmad Dahlan Junior High School Jambi City in April-May 2022. This type of research is a qualitative case study research. Data collection techniques were carried out by observation, interviews, and documentation. The results showed that the management of Arabic learning carried out by the teacher in overcoming the learning difficulties of class VIIc students at Ahmad Dahlan Junior High School Jambi City, namely the Arabic language teacher made learning plans such as making lesson plans and preparing the material to be delivered. The implementation of learning is that the teacher uses the lecture method, drill method, and question and answer method, and gives more attention to students who have learning difficulties. The evaluation of learning is that the teacher conducts an assessment in the form of a written test and an oral test. The supporting factors in learning management are the availability of Arabic language textbooks, the motivation of the Arabic language teacher, and adequate lesson hours. While the inhibiting factors in the management of learning are the lack of student interest in learning Arabic, unfavorable classroom conditions, inadequate learning media, and the unavailability of a language laboratory. From the results of this study, it is suggested to the principal to further improve supervision and evaluation of all teachers in carrying out the learning process and to improve facilities and infrastructure so that the learning process can run optimally. As well as for teachers should be more creative in teaching and better control the class in conveying the material.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Management, Arabic, Learning Difficulties.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Sulistiani
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:03
Last Modified: 06 Jul 2022 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36306

Actions (login required)

View Item View Item