Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Dhani, Rama (2022) Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
skripsi Rama Dhani_A1D118179.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
halam persetujuan dan halaman pengesahan_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I ..pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dhani, Rama. 2022. Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M.Pd, (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Penemuan Terbimbing, Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SDN 89/IX Jebus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 89/IX Jebus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 89/IX Jebus. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, pretest, post tes, aktivitas siswa, aktivitas guru. Sedangkan Sumber data diperoleh dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa, hal ini terlihat dari hasil analisis data pratindakan diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 33,3% dengan nilai rata rata 53,3. Pada siklus I presentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 55,5% dengan nilai rata rata 66,6. Pada siklus II presentase ketuntasan belajar siswa meningkat lagi menjadi 88,9% dengan nilai rata rata 81,1. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV di Sekolah Dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Penemuan Terbimbing, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: DHANI
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:23
Last Modified: 06 Jul 2022 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36312

Actions (login required)

View Item View Item